SELAMAT DATANG di doenia-masGuru

Jumat, 29 April 2011

Contoh Laporan PRAKERIN


 Contoh Laporan Prakerin untuk siswa kelas XI TKJ SMK Negeri Tempeh Lumajang
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut  :
  1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
  2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
  3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
  4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

B.    Batasan Masalah
Agar dalam penulisan laporan ini dapat lebih fokus pada satu masalah, maka laporan ini dibatasi hanya membahas tentang : “Bagaimana Langkah-langkah /cara merakit PC dengan benar?”

C.    Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
  1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
  2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
  3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Tempeh Lumajang.

D.   Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
  1. Bagi Siswa
a.       Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Tempeh dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi .
b.      Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
c.       Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah.
  1. Bagi Sekolah
a.       Dapat menciptakan siswa yang siap untuk terjun langsung ke dunia Industri atau bekerja setelah lulus dari sekolah.
b.      Menciptakan hubungan yang baik antara sekolah dan dunia industri.
  1. Bagi Industri
a.       Dapat mengetahui kualitas dan ketrampilan siswa yang melaksanakan prakerin.
b.      Dapat membantu kegiatan produksi/jasa pada perusahaan.

BAB II
KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

A.   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.   Waktu
Prakerin dilaksanakan pada tanggal ……………….s/d …………..  dengan jam kerja mulai dari pukul …………..s/d ……………
2.  Tempat
Tempat pelaksanaan Prakerin di Perusahaan …………………….
B.    Pengenalan Perusahaan
  1. Struktur Organisasi Perusahaan


 



 














 




  1. Lokasi Perusahaan
SMK Negeri Tempeh lokasinya berada di jalan Raya Tempeh no. 62, Telepon (0334) 521297 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang
3.        -   Bentuk Perusahaan                        :   Sekolah
-   Didirikan Tahun                             :   2004
-   Badan Hukum                                :   188.45/39/427.12/2004       
-   Luas Tanah                                     :   3200 meter
-   Luas Bengkel                                 :   3000 meter
-   Status Kepemilikan                        :   Pemerintah
-   Daya Tenaga Listrik                       :   23.000 KVA
  1. Gambar / Layout bengkel


 





       Keterangan : a = ruang belajar
                             b = ruang perbaikan
  1. Sejarah Singkat Perkembangan Perusahaan
SMK Negeri Tempeh adalah sekolah menengah kejuruan dan mempunyai dua jenis bidang studi keahlian ; (1) bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata, dan (2) bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata, dengan kompetensi keahlian ; (1) desain komunikasi visual, (2) kria tekstil, (3) kria logam, sedang bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi dengan kompetensi keahlian ; (1) multi media, (2) teknik komputer dan jaringan.
SMK Negeri Tempeh lokasinya berada di jalan Raya Tempeh no. 62, Telepon (0334) 521297 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, menempati luas tanah 3200 meter, luas bangunan 3000 meter. Letak sekolah ini sangat strategis, di pinggir jalan raya, angkutan lancar sehingga mudah untuk dijangkau. Studi dokumentasi dan observasi, posisi SMK Negeri Tempeh menghadap kesebelah timur, di samping kiri dan kanan sekolah terdapat SMP , UPTD Kecamatan Tempeh dan SD, sehingga merupakan suatu kompleks pendidikan yang ideal di Kecamatan Tempeh.
SMK Negeri Tempeh berawal dari SMK Kecil, yang merupakan rintisan dari SMP Negeri 1 Tempeh kemudian pada tanggal 10 April 2004 dengan No. SK Pendirian : 188.45/39/427.12/2004, status menjadi SMK Negeri Tempeh, penandatangan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan izin operasional Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Timur dengan NPSN : 20521451/NSS : 321052109011.
 SMK Negeri Tempeh sampai saat ini merupakan satu-satunya SMK seni budaya yang ada di Kabupaten Lumajang
C.    Program Khusus (Uraian Pekerjaan)
1.      Merakit PC
a.      Bahan
1. ....................................................
2. ............................................... dst
b.      Alat Yang Digunakan
1. ....................................................
2. ............................................... dst
c.      Keselamatan Kerja
1. ....................................................
2. ............................................... dst
d.      Langkah Kerja
1. ....................................................
2. ............................................... dst
e.      Gambar Kerja    
1. ....................................................
2. ............................................... dst
2.      Pembahasan Uraian Pekerjaan
Sebelum kita melakukan perakitan PC, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya:
-         Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh ke peralatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui.
-         Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin processor, dikhawatirkan karena adanya listrik statis didalam tubuh kita akan merusak komponen tersebut.
-         Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan.
Tahapan dalam merakit PC :
1.      Tahap Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
a.      Penentuan Konfigurasi Komputer
b.     Persiapan Kompunen dan perlengkapan
c.      Pengamanan
2.      Tahap perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
a.      Penyiapan motherboard
b.     Memasang Prosessor
c.      Memasang heatsink
d.     Memasang Modul Memori
e.      memasang Motherboard pada Casing
f.      Memasang Power Supply
g.     Memasang Kabel Motherboard dan Casing
h.     Memasang Drive
i.       Memasang card Adapter
j.       Penyelesaian Akhir
3.      Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
a.      Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
b.     Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
c.      Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
d.     Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
e.      Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
4.      Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
a.       Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
b.      Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
c.       LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung. 
D.   Hambatan
Selama melakukan prakerin ada beberapa permasalan / hambatan yang ditemui diantaranya :
1.      Kurang lengkapnya peralatan yang ada di DU/DI
2.      Pekerjaan tidak selalu ada sehingga banyak waktu yang terbuang.
E.    Cara Mengatasi
1.      Melakukan pekerjaan dengan alat seadanya atau membawa sendiri dari rumah jika ada.
2.      Untuk mengisi waktu kosong dengan mengerjakan tugas dari sekolah


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Setelah penulis menjalankan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Perusahaan ……… selama 4 bulan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan :
1.      Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
a.      Persiapan
b.      Perakitan
c.       Pengujian
d.     Penanganan Masalah
2.      Praktik Kerja Industri itu sangat penting bagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (Kelompok Teknologi Industri) karena secara langsung peserta diklat dapat terjun langsung ke lapangan, serta dituntut untuk bertanggungjawab atas apa yang telah dilaksanakannya Prakerin tersebut.
3.      Ternyata pengalaman yang didapatkan di lapangan kerja khususnya dari segi teknik pelaksanaannya lebih praktis jika di bandingkan pelajaran yang diterima di sekolah, hal ini disebabkan di lapangan dituntut untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin dengan kesalahan sekecil mungkin.
B.    Saran
Sesungguhnya dalam laporan ini penulis hanya ingin menguraikan pengalaman- pengalaman penulis sebagai peserta diklat kepada guru-guru di sekolah dan kepada Pembimbing di ………………….
  1. Pelajaran Teori Praktik
Mengenai pelajaran teori praktik, penulis ini merasa banyak kekurangan-kekurangan terutama materi yang diberikan, saran penulis agar pelajaran teori praktik disesuaikan dengan perkembangan dunia IT (khususnya Teknik Komputer Jaringan).

  1. Pelajaran Praktik
Untuk pengajaran praktik masih banyak fasilitas yang belum disediakan dan banyak peralatan praktik yang sudah rusak.
  1. Pemberian Modul
Diharapakan diadakan pemberian modul kepada peserta diklat agar para peserta diklat tidak perlu terbebani oleh mata pelajaran lain, setelah aktif kembali mengikuti KBM.
4.      Hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin baik antara pimpinan dan para teknisi di perusahaan  supaya dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
  1. Kegiatan PRAKERIN lebih di perhatikan lagi dalam arti pembimbing harus lebih sering datang memonitoring para siswa-siswinya dengan sebenar-benarnya.
  2. Di ambil tindakan bagi pembimbing dari pihak sekolah yang tidak amanah dalam arti tidak menjalani tugasnya sebagaimana mestinya.
Akhir kata kami minta maaf atas segala kekurangan . kami berharap laporan ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK Negeri Tempeh Lumajang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar